Tugas Kelompok Manajemen Umum

              Nama Kelompok 3 :
              1. Endru Leleran 
              2. Natalia Bawenti
              3. Suryani S.Milos
                   


MANAJEMEN KONFLIK

Sumber : https://youtu.be/mTaH6i1TlYo

Manajemen Konflik
Konflik adalah kesalahpahaman,ketidakcocokan pengertian atau emosi, maupun antar individu atau antar kelompok yang mengarah atau mengakibatkan timbulnya pertentangan atau permusuhan

Sumber Konflik :
● Lingkungan
● Pribadi
● Komunikasi
● Struktur


Pandangan tentang Konflik

Pandangan Tradisional
Konflik itu merusak oleh sebab itu segala bentuk konflik harus di hindari

Pandangan Hubungan Antar Manusia
Konflik merupakan gejala natural oleh sebab itu terimalah sebagai kenyataan yang harus di hadapi

Pandangan Interaksionis
Konflik selain positif bagi kelompok, juga perlu ada agar kelompok mencapai sasaran secara efektif


Resolusi Konflik

Sasaran superordinasi : menciptakan sasaran bersama.
Mengubah lingkungan : mengurangi tekanan lingkungan.
Wewenang atasan : menggunakan wewenang formal organisasi.
Restrukturisasi : mengubah struktur organisasi, mengatur arus komunikasi.
Mengubah aspek-aspek manusiawi : menggunakan pelatihan, konseling.
Pertemuan kolaborasi : pertemuan tatap muka untuk memecahkan.
Negosiasi : pertemuan tawar menawar.


Merangsang Konflik

Komunikasi menyebarkan informasi yang memanasi
Menambah orang dari luar anggota baru yang berbeda sekali
Restrukturisasi merubah aturan, menambah ketergantungan
Penempatan "Devil Advocate" melempar kritik atau ide bertentangan


Strategi Mengatasi Konflik

1. Avoiding (Menghindar)
2. Accomodating (Mengalah
3. Competing (Memaksa)
4. Compromising (Kompromi)
5. Collaborating (Kolaborasi)




COACHING :
Keterampilan Bertanya
dan GROW Model

Dalam sesi coaching, alih-alih memberitahu apa yang perlu dilakukan seorang coach justru mengajukan pertanyaan...

Pertanyaan yang mendorong kreativitas...

Pertanyaan yang memprovokasi...

Pertanyaan yang medorong orang bergerak ke depan...

Salah satu model struktur pertanyaan coaching yang sederhana dan eferktif adalah
G.R.O.W
Singkatan dari...
Goal
Reality
Options
Will


GOAL adalah HASIL AKHIR yang ingin dicapai oleh orang yang anda coaching

REALITY adalah KONDISI SAAT INI yang dialamai oleh orang yang anda coaching

OPTIONS adalah PILIHAN CARA yang mungkin dapat dilakukan untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan

WILL adalah TINDAKAN NYATA yang akan dilakukan segera untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan


Ingat! Seorang coach membantu orang lain dengan mengajukan pertanyaan...

Tujuannya adalah agar merekan berlatih menemukan solusi dalam diri mereka sendiri...

Ingat Tiga hal berikut saja :

1. Ajukan SATU PERTANYAAN satu waktu.
Pertanyaan tunggal yang jelas dan sederhana.

2. Hindari pertanyaan yang mengarahkan.
Ajukanlah PERTANYAAN TERBUKA.

3. HARGAI apapun jawaban/pendapat mereka.
Jangan hakimi jawaban mereka.


Ada dua macam pertanyaan :

1. Pertanyaan TERBUKA yang mendorong percakapan
2. Pertanyaan TERTUTUP yang menghentikan percakapan


Model GROW sangat sederhana dan mudah dilakukan!

Anda tidak perlu memberitahu apa yang perlu dilakukan

Anda menggunakan pertanyaan untuk mengcoaching mereka

Ini adalah cara yang terbaik untuk mendorong otonomi dan motivasi mereka...

...juga mendorong mereka bertanggungjawab terhadap ide mereka sendiri...

HASILNYA, coachee (orang yang Anda coaching) akan lebih berdaya...

...dan lebih percaya diri terhadap kemampuan merekan sendiri...


Telling makes people know,
Questioning makes people GROW
.

Memberitahu membuat orang tahu,
Bertanya membuat orang tumbuh.


Sumber : https://youtu.be/wXgG_njX8dk


Sekian dan Terima kasih😇🙏

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS SISTEM KOMPUTER

The Limpan's Squad❤

Materi MK Interaksi Manusia & Komputer