Tugas Kelompok Manajemen Umum
Nama Kelompok 3 :
1. Endru Leleran
2. Natalia Bawenti
3. Suryani S.Milos
MANAJEMEN KONFLIK
Sumber : https://youtu.be/mTaH6i1TlYo
● Pandangan Tradisional
Konflik itu merusak oleh sebab itu segala bentuk konflik harus di hindari
● Pandangan Hubungan Antar Manusia
Konflik merupakan gejala natural oleh sebab itu terimalah sebagai kenyataan yang harus di hadapi
● Pandangan Interaksionis
Konflik selain positif bagi kelompok, juga perlu ada agar kelompok mencapai sasaran secara efektif
Resolusi Konflik
Sasaran superordinasi : menciptakan sasaran bersama.
Mengubah lingkungan : mengurangi tekanan lingkungan.
Wewenang atasan : menggunakan wewenang formal organisasi.
Restrukturisasi : mengubah struktur organisasi, mengatur arus komunikasi.
Mengubah aspek-aspek manusiawi : menggunakan pelatihan, konseling.
Pertemuan kolaborasi : pertemuan tatap muka untuk memecahkan.
Negosiasi : pertemuan tawar menawar.
Pertanyaan yang mendorong kreativitas...
Pertanyaan yang memprovokasi...
Pertanyaan yang medorong orang bergerak ke depan...
Salah satu model struktur pertanyaan coaching yang sederhana dan eferktif adalah
G.R.O.W Singkatan dari...
Goal
Reality
Options
Will
GOAL adalah HASIL AKHIR yang ingin dicapai oleh orang yang anda coaching
REALITY adalah KONDISI SAAT INI yang dialamai oleh orang yang anda coaching
OPTIONS adalah PILIHAN CARA yang mungkin dapat dilakukan untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan
WILL adalah TINDAKAN NYATA yang akan dilakukan segera untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan
Ingat! Seorang coach membantu orang lain dengan mengajukan pertanyaan...
Tujuannya adalah agar merekan berlatih menemukan solusi dalam diri mereka sendiri...
Ingat Tiga hal berikut saja :
1. Ajukan SATU PERTANYAAN satu waktu.
Pertanyaan tunggal yang jelas dan sederhana.
2. Hindari pertanyaan yang mengarahkan.
Ajukanlah PERTANYAAN TERBUKA.
3. HARGAI apapun jawaban/pendapat mereka.
Jangan hakimi jawaban mereka.
Ada dua macam pertanyaan :
1. Pertanyaan TERBUKA yang mendorong percakapan
2. Pertanyaan TERTUTUP yang menghentikan percakapan
Model GROW sangat sederhana dan mudah dilakukan!
Anda tidak perlu memberitahu apa yang perlu dilakukan
Anda menggunakan pertanyaan untuk mengcoaching mereka
Ini adalah cara yang terbaik untuk mendorong otonomi dan motivasi mereka...
...juga mendorong mereka bertanggungjawab terhadap ide mereka sendiri...
HASILNYA, coachee (orang yang Anda coaching) akan lebih berdaya...
...dan lebih percaya diri terhadap kemampuan merekan sendiri...
Telling makes people know,
Questioning makes people GROW.
Memberitahu membuat orang tahu,
Bertanya membuat orang tumbuh.
Manajemen Konflik
Konflik adalah kesalahpahaman,ketidakcocokan pengertian atau emosi, maupun antar individu atau antar kelompok yang mengarah atau mengakibatkan timbulnya pertentangan atau permusuhan
Sumber Konflik :
● Lingkungan
● Pribadi
● Komunikasi
● Struktur
Sumber Konflik :
● Lingkungan
● Pribadi
● Komunikasi
● Struktur
Pandangan tentang Konflik
● Pandangan Tradisional
Konflik itu merusak oleh sebab itu segala bentuk konflik harus di hindari
● Pandangan Hubungan Antar Manusia
Konflik merupakan gejala natural oleh sebab itu terimalah sebagai kenyataan yang harus di hadapi
● Pandangan Interaksionis
Konflik selain positif bagi kelompok, juga perlu ada agar kelompok mencapai sasaran secara efektif
Resolusi Konflik
Sasaran superordinasi : menciptakan sasaran bersama.
Mengubah lingkungan : mengurangi tekanan lingkungan.
Wewenang atasan : menggunakan wewenang formal organisasi.
Restrukturisasi : mengubah struktur organisasi, mengatur arus komunikasi.
Mengubah aspek-aspek manusiawi : menggunakan pelatihan, konseling.
Pertemuan kolaborasi : pertemuan tatap muka untuk memecahkan.
Negosiasi : pertemuan tawar menawar.
Merangsang Konflik
Komunikasi menyebarkan informasi yang memanasi
Menambah orang dari luar anggota baru yang berbeda sekali
Restrukturisasi merubah aturan, menambah ketergantungan
Penempatan "Devil Advocate" melempar kritik atau ide bertentangan
Strategi Mengatasi Konflik
1. Avoiding (Menghindar)
2. Accomodating (Mengalah
3. Competing (Memaksa)
4. Compromising (Kompromi)
5. Collaborating (Kolaborasi)
Komunikasi menyebarkan informasi yang memanasi
Menambah orang dari luar anggota baru yang berbeda sekali
Restrukturisasi merubah aturan, menambah ketergantungan
Penempatan "Devil Advocate" melempar kritik atau ide bertentangan
Strategi Mengatasi Konflik
1. Avoiding (Menghindar)
2. Accomodating (Mengalah
3. Competing (Memaksa)
4. Compromising (Kompromi)
5. Collaborating (Kolaborasi)
COACHING :
Keterampilan Bertanya
dan GROW Model
dan GROW Model
Dalam sesi coaching, alih-alih memberitahu apa yang perlu dilakukan seorang coach justru mengajukan pertanyaan...
Pertanyaan yang mendorong kreativitas...
Pertanyaan yang memprovokasi...
Pertanyaan yang medorong orang bergerak ke depan...
Salah satu model struktur pertanyaan coaching yang sederhana dan eferktif adalah
G.R.O.W Singkatan dari...
Goal
Reality
Options
Will
GOAL adalah HASIL AKHIR yang ingin dicapai oleh orang yang anda coaching
REALITY adalah KONDISI SAAT INI yang dialamai oleh orang yang anda coaching
OPTIONS adalah PILIHAN CARA yang mungkin dapat dilakukan untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan
WILL adalah TINDAKAN NYATA yang akan dilakukan segera untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan
Ingat! Seorang coach membantu orang lain dengan mengajukan pertanyaan...
Tujuannya adalah agar merekan berlatih menemukan solusi dalam diri mereka sendiri...
Ingat Tiga hal berikut saja :
1. Ajukan SATU PERTANYAAN satu waktu.
Pertanyaan tunggal yang jelas dan sederhana.
2. Hindari pertanyaan yang mengarahkan.
Ajukanlah PERTANYAAN TERBUKA.
3. HARGAI apapun jawaban/pendapat mereka.
Jangan hakimi jawaban mereka.
Ada dua macam pertanyaan :
1. Pertanyaan TERBUKA yang mendorong percakapan
2. Pertanyaan TERTUTUP yang menghentikan percakapan
Model GROW sangat sederhana dan mudah dilakukan!
Anda tidak perlu memberitahu apa yang perlu dilakukan
Anda menggunakan pertanyaan untuk mengcoaching mereka
Ini adalah cara yang terbaik untuk mendorong otonomi dan motivasi mereka...
...juga mendorong mereka bertanggungjawab terhadap ide mereka sendiri...
HASILNYA, coachee (orang yang Anda coaching) akan lebih berdaya...
...dan lebih percaya diri terhadap kemampuan merekan sendiri...
Telling makes people know,
Questioning makes people GROW.
Memberitahu membuat orang tahu,
Bertanya membuat orang tumbuh.
Sumber : https://youtu.be/wXgG_njX8dk
Sekian dan Terima kasih😇🙏
Komentar
Posting Komentar